Minggu, 24 April 2011

Sejarah perkembangan pengeboran minyak bumi

                Pengeboran sumur minyak pertamakali dilakukan oleh Kolonel Edwin L. Drake di dekat Titusville, Pennsylvania, Amerika Serikat pada tanggal 22 Agustus 1859 dengan menggunakan metode pengeboran yang masih sangat sederhana sekali yaitu pengeboran tumbuk, sampai kedalaman 21 meter.
                Sedangkan di indonesia sendiri pengeboran sumur minyak pertamakali dilakukan oleh orang belanda yang bernama Jan Reerink. Reerink melakukan pemboran pertamakali di Cibodas Tangat, kecamatan Majalengka, Jawa barat, pada tahun 1871. Karena kurangnya pengalaman, pengetahuan, dan peralatan, usaha Reerink hanya mencapai 33 meter. Dan berhadapan dengan longsoran-longsoran tanah, sehingga pemboran pertamanya ini dihentikan pada tahun 1872. Pengeboran yang kedua dilakukan tetapi jaraknya hanya setengah meter dari lubang bor yang pertama dan hanya mencapai kedalaman 22 meter dan terjadi longsoran tanah. Karena tidak komersial makasumur tersebut akhirnya ditinggalkan.
                 Pengalaman pengeboran sebelumnya yang belum berhasil itu telah menyadarkan Reerink bahwa ia harus melakukan persiapan  peralatan dan pengetahuan yang lebih matang. Setelah belajar di Amerika Serikat dan juga membawa seorang ahli dari AS dengan peralatan pemboran yang baru, Reerink melakukan pengeboran pada tahun 1874 di daerah Cirebon, setelah berulang-ulang gagal pekerjaan itupun dihentikan pada 16 Desember 1874 . Demikianlah usaha pencarian minyak pertama kali di bumi nusantara ini belum berujung pada keberhasilan. Sampai pada tahun 1881 tak terdengar lagi kegiatan lain dalam pancarian minyak bumi di Hindia Belanda.
                Jika pengeboran minyak bumi di indonesia pertama kali dilakukan di jawa barat, tetapi keberhasilan penemuan minyak bumi secara komersial adalah di daerah Langkat, Sumatra Utara. Adalah Aeiko Janszoon Zijlker, seorang pemimpin perkebunan tembakau Belanda yang rupanya memiliki bakat dan semangat wirausaha. Setelah berjuang beberapa tahun, akhirnya berhasil dengan sumur Telaga Tunggal 1, disusul sumur-sumur lainnya di Telaga Said, Sumatera Utara.
                Pada dewasa ini opersi pengeboran yang mengalami perkembangan adalah pengeboran putar (Rotary Drilling) yang dimulai pada tahun 1863 oleh Leschot seorang insinyur sipil Prancis.   

1 komentar:

  1. Selamat malam mas, artikel yang bagus. boleh saya reshare ke website saya? kebetulan saya ada website yang konten nya sama dengan mas hedyfa

    BalasHapus